FUJI, FARINA and Hasnawati, Hasnawati and Nani, Yuliantini (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS V SD GUGUS XXI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FUJI FARINA_A1G20103_compressed-dikompresi - fuji farina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Project
Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran
Seni Rupa kelas V SD Gugus XXI Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu
penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini
adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Desaign. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus XXI yang berakreditasi A.
Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh
kelas VB SD Negeri 51 Kota Bengkulu (kelas eksperimen) dan kelas V SD
Negeri 59 Kota Bengkulu (kelas kontrol). Uji coba instrument dilakukan pada
kelas VI SD Negeri 51 Kota Bengkulu. Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar tes kemampuan berpikir kreatif yang berbentuk
uraian yang berjumlah 4 soal. Hasil perhitungan nilai rata-rata posttest kelas
eksperimen sebesar 82,5 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol sebesar
73,89. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung 2,626 > ttabel 1,684
dan Sig. (2-tailed) bernilai 0,012. Dikarenakan nilai Sig. (2-tailed) 0,012 <
0,05maka Ha diterima. Hal ini dikarenakan ada perlakuan yang berbeda antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
model Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif
siswa pada pembelajaran Seni Rupa kelas V SD gugus XXI Kota Bengkulu.
Kata kunci : Pembelajaran Seni Rupa, Model Project Based Learning,
Kemampuan Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 08:54 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 08:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23106 |