HIKMAH, SEFIANTI and Nani, Yuliantini and Feri, Noperman (2024) PENGARUH MEDIA BIG BOOK YANG DIMODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV SDN 18 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI HIKMAH SEFIANTI (A1G020045) - Hikmah Sefianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media big book
yang dimodifikasi terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa
sekolah dasar kelas IV SDN 18 Kota Bengkulu yang mengalami kesulitan dalam
membaca pemahaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan
metode yang digunakan adalah metode Pre-Ekperimental Design dengan desain
penelitian One Group Prestest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah
siswa sekolah dasar di SDN 18 Kota Bengkulu yang mengalami kesulitan dalam
membaca pemahaman. Instrumen penelitian menggunakan soal pilihan ganda
yang terdiri dari soal pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
adanya perbedaan antara hasil pretest dan posttest pada siswa. Hasil dari pretest
menunjukkan kemampuan membaca pemahaman sebelum diberikan perlakuan
sedangkan hasil posttest menujukkan kemampuan membaca pemhaman setelah
diberikan perlakuan media big book yang dimodifikasi. Perbedaan antara hasil
pretest dan posttest siswa menunjukkan adanya peningkatan terhadap kemampuan
membaca pemahaman. Hal tersebut dibuktikan dari nilai thitung 5,392 dan nilai ttabel
1,746 (df=16) serta nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 dengan taraf signifikan α =
0,05 , nilai thitung > ttabel (5,392> 1,746) dan bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar
0,000 < 0,05. Artinya, jika nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang
berarti dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh penggunaan media big book
yang dimodifikasi terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa
sekolah dasar kelas IV SDN 18 Kota Bengkulu.”
Kata Kunci: Media Big Book, Media Big Book yang Dimodifikasi, Kemampuan
Membaca Pemahaman
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 08:58 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 08:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23107 |