PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V SDN PADA GUGUS XI KOTA BENGKULU

NURMA, GUFITA and Nani, Yuliantini and Dalifa, Dalifa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V SDN PADA GUGUS XI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
Skripsi Nurma Gufita - Nurma Gufita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe
two stay two stray terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Kelas V SDN Pada Gugus XI
Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang
digunakan adalah metode eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitian
the matching only pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa-siswi kelas V SDN gugus XI Kota Bengkulu. Sampel penelitian adalah
kelas V SDN 44 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 55 Kota
Bengkulu sebagai kelas kontrol. Data Penelitian diperoleh dengan melakukan pretest
dan posttest dengan menggunakan instrumen tes objektif. Data hasil penelitian
selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil
analisis menunjukkan bahwa nilai posttest memiliki perbedaan yang signifikan antara
kelas eksperimen dan kontrol. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai thitung (2.263) > ttabel
(1.697), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar
Bahasa Indonesia kelas V SDN pada gugus XI Kota Bengkulu, karena adanya perlakuan
yang berbeda terhadap kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar,
Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 09:02
Last Modified: 29 Oct 2024 09:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23108

Actions (login required)

View Item
View Item