SUSAN, YULIATRI and Feri, Noperman and Atika, Susanti (2024) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS XI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SUSAN YULIATRI-A1G020130_compressed - Susan Yuliatri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi TikTok terhadap minat
belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar gugus xi Kota Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah The
Matching Only Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah
sekolah sekolah dasar gugus xi Sampel pada peneltian ini adalah kelas VB SDN 44 dan
VB SDN 55 Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Claster
Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah non tes digunakan untuk mengukur
minat belajar dalam bentuk angket berupa angket akhir dan angket awal. Jenis teknik
analisis penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif,
analisis uji persyarat dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji-t. berdasarkan hasil
penelitian ini Sig. (2-tailed) 0,366 > 0,05 dengan taraf 5%. Dengan rincian nilai rata-rata
pada mata pelajaran IPAS kelas eksperimen (55,94) dan kelas kontrol (53,69), maka
terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar kelas eksperimen dan kelas
kontrol dan dinytakan kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi TikTok tidak
mempengaruhi minat belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat
pengaruh aplikasi TikTok terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas v
sekolah dasar gugus xi Kota Bengkulu.
Kata Kunci : IPAS, Aplikasi TikTok, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 01:26 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 01:26 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23115 |