PENGARUH MEDIA ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 71 KOTA BENGKULU

Tiara, Aprilya and Neza, Agusdianita and Atika, Susanti (2024) PENGARUH MEDIA ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 71 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
SKRIPSI TIARA APRILYA - Tiara Aprilya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi berbasis
powtoon terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 71 Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian
yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Pretest
Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V
SD Negeri Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB
sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VC sebagai kelas kontrol. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk essay.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji prasyarat, dan
analisis inferensial yaitu uji Mann Whitney. Data hasil penelitian yang diolah
menggunakan uji Mann Whitney diperoleh nilai bahwa hasil uji hipotesis
menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 0,05. Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa bahwa “terdapat
pengaruh media animasi berbasis powtoon pada pembelajaran matematika materi
bangun ruang terhadap hasil belajar siswa kelas ekperimen dan kelas kontrol SD
Negeri 71 Kota Bengkulu”.
Kata Kunci: Media Animasi, Powtoon, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 30 Oct 2024 01:37
Last Modified: 30 Oct 2024 01:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23117

Actions (login required)

View Item
View Item