WINDA, PEBRILIA CESSA RINA and Hasnawati, Hasnawati and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUHPENGGUNAANMODELPEMBELAJARANTEAMS GAMESTOURNAMENT(TGT)BERBANTUANAPLIKASIKAHOOT TERHADAPHASILBELAJARIPASMATERIIPSSISWAKELASIV SDNGUGUSXIIKOTABENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_ WINDA PEBRILIA CESSA RINA_A1G020092_(1)_compressed - Winda Febrilia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Kahoot
terhadap hasil belajar IPAS materi IPS siswa kelas IV SDN Gugus XII Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang
digunakan adalah eksperimen semu dengan desain The Matching Only Pretest�Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian adalah SDN Gugus XII Kota
Bengkulu yang terakreditasi B. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN
99 sebagai kelas eksperimen dan SDN 35 sebagai kelas kontrol dengan teknik
pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes hasil belajar aspek pengetahuan bentuk soal pilihan ganda
berjumlah 10 soal yang diberikan melalui Pretest dan Posttest. Jenis teknik
analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif menggunakan statistik
deskriptif, analisis uji prasyarat. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil rata-rata
pada pembelajaran IPAS materi IPS kelas eksperimen (73,57) dan kelas kontrol
(54,07) sehingga rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari kelas
kontrol (73,57 > 54,07). Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sampel t�test diperoleh hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima.
Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan
aplikasi kahoot memberikan pengaruh yang postif terhadap hasil belajar IPAS
materi IPS siswa kelas IV SDN Gugus XII Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Kahoot, Hasil Belajar, IPAS
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 01:47 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 01:47 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23119 |