DESI, JULYKA AGIANSY and Neza, Agusdianita and Yusnia, Yusnia (2024) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI UNSUR LITERASI NUMERASI KELAS VI SD NEGERI 130 SELUMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_DESI JULYKA A_A1G020143_PGSD_compressed (3)_compressed - Desi Julyka Agiansy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan butir soal ujian sekolah mata pelajaran
matematika ditinjau dari literasi numerasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah
peneliti dan dua orang rater dengan objek penelitian yaitu butir soal ujian sekolah
pada mata pelajaran matematika tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian
yang digunakan berupa lembar analisis dengan teknik pengumpulan data
dokumentasi dan analisis penilai (rater). Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan
komponen literasi numerasi yaitu konten, proses kognitif dan konteks. Untuk aspek
konten pada tipe geometeri dan pengukuran kemunculan sebanyak 15 kali dengan
persentasenya 37,5%, untuk tipe bilangan, kemunculan sebanyak 14 kali dengan
persentase 35%, untuk tipe aljabar, kemunculan sebanyak 0 dengan persentase 0%
dan untuk data ketidakpastian, kemunculan sebanyak 11 kali dengan persentase
27,5%. komponen pada proses kognitif itu di aspek Knowing kemuculan sebanyak
21 kali dengan persentasenya yaitu 52,5%, untuk aspek Applying, kemunculan
sebanyak 16 kali dengan persentase 40% dan unuk Reasoning, kemunculan
sebanyak 3 kali dengan persentase 7,5%. Dan untuk konteks itu terdapat pada aspek
sosial budaya dengan kemunculan sebanyak 12 kali dari dengan persentasenya
yaitu 30%, untuk personal kemunculan butir soal sebanyak 4 kali dengan persentase
10% dan untuk saintifik, kemunculan sebanyak 24 kali dengan persentase 60%.
Dapat di simpulkan bahwa pada butir soal ujian sekolah pada mata pelajaran
matematika ini dapat dilihat dari kemunculan indikator pada unsur literasi
numerasi.
Kata Kunci : Butir Soal, Komponen, Literasi Numerasi.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 01:50 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 01:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23120 |