KRISTIAN, HARIANTO and Dalifa, Dalifa and Atika, Susanti (2024) STUDI DESKRIPTIF GERAKAN LITERASI SEKOLAH SDN 24 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_PGSD_KRISTIAN HARIANTO-1 - Kristian Harianto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi
Sekolah SDN 24 Kota Bengkulu melalui ketiga tahapannya, yaitu tahap
pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. Jenis penelitian yang
digunakan ialah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala
sekolah, guru, siswa (kelas 3D&6A) SDN 24 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian
menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data gerakan literasi sekolah dilakukan dengan pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan yang
digunakan melalui tringulasi dan membercheck. Hasil penelitian menunjukan, 1)
Tahap pembiasaan GLS di SDN 24 Kota Bengkulu sebagian besar indikator telah
dilaksanakan, kegiatan membaca 15 menit dilakukan setiap harinya disemua mata
pelajaran. 2) Tahap pengembangan GLS di SDN 24 Kota Bengkulu sebagian
indikator juga telah dilaksanakan, namun kegiatan literasi bulanan, semesteran,
tahunan dan bentuk kegiatan apresiasi siswa belum dilakukan, 3) Tahap
pembelajaran GLS di SDN 24 Kota Bengkulu sebagian indikator telah
dilaksanakan, namun belum terdapat kegiatan mendayagunakan potensi lokal
sesuai dengan budaya sekolah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tahap
pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran sebagian besar indikator yang ada
telah dilaksanakan.
Kata Kunci : Gerakan Literasi Sekolah, GLS, Membaca 15 Menit
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:00 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23122 |