PENGARUH MODELPROBLEM BASED LEARNING (PBL)BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELASV SD GUGUS XIIKOTABENGKULU

WIGA, FITRIA and Endang, Widi Winarni and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH MODELPROBLEM BASED LEARNING (PBL)BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELASV SD GUGUS XIIKOTABENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
SKRIPSI_WIGA FITRIA_A1G020099_PGSD_2024_full - wiga fitria.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem
Based Learning (PBL) berbantuan media Teka-Teki Silang (TTS) pada mata
pelajaran IPAS terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SD
Gugus XII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian
yang digunakan adalah eksperimen semu dan desain The Matching Only Pretest�Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian adalah SDN Gugus XII Kota
Bengkulu yang terakreditasi B. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 35
sebagai kelas eksperimen dan SD 99 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol dengan
teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk tes pilihan ganda yang berjumlah
10 butir. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat,
dan uji inferensial/hipotesis (independent sample T-test) dengan menggunakan
bantuan aplikasi SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis nilai
posttest diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen (73,08) dan kelas kontrol
(55,36). Berdasarkan uji hipotesis pada posttest diperoleh nilai Sig. 2-tailed sebesar
0,003 < (0,05), artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil posttest kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat
pengaruh model PBL berbantuan media TTS terhadap kemampuan berpikir tingkat
tinggi siswa.
Kata kunci: model Problem Based Learning (PBL), media Teka-Teki Silang
(TTS), IPAS, kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 30 Oct 2024 02:05
Last Modified: 30 Oct 2024 02:05
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23123

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200