PENGARUH MEDIA FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS VIII KOTA BENGKULU

FIDELA, YOLANDA AZARIA and Nani, Yuliantini and Nady, Febri Ariffiando (2024) PENGARUH MEDIA FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS VIII KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
SKRIPSI-FIDELA YOLANDA AZARIA - Fidela Yolanda Azaria.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flipbook terhadap
kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas V gugus VIII Kota Bengkulu.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasy
experiment dan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V gugus VIII Kota
Bengkulu. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas V SDN 34 Kota Bengkulu
sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB SDN 36 Kota Bengkulu sebagai
kelas kontrol yang diperoleh melalui cluster random sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-test dan post-test
yang dirancang dalam bentuk soal uraian dengan indikator kesesuaian isi, struktur,
kaidah penulisan dan ciri kebahasaan. Hasil uji hipotesis pada kelas eksperimen
menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (3,243 > 2,015) dan Sig.(2-tailed) 0,002 <
0,05. Data ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada
kemampuan menulis teks prosedur di kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol yang disebabkan perlakuan kedua kelas yang berbeda, yaitu dengan
menggunakan media flipbook pada kelompok eksperimen dan tidak menggunakan
media flipbook pada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh media
flipbook terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa sekolah dasar kelas V
gugus VIII Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Kemampuan menulis, Media flipbook, Teks prosedur

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 30 Oct 2024 02:10
Last Modified: 30 Oct 2024 02:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23124

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200