PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU

TRI, MULYANI and Nani, Yuliantini and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
Tri Mulyani_A1G020078_SKRIPSIdikompresi - Feby Aflorensi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran Index Card Match berbantuan Flash Card terhadap hasil belajar
bahasa Indonesia kelas IV di SD Negeri Gugus III kota Bengkulu. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yaitu metode
Quasi Experiment dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest
Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD
Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik
cluster random sampling, diperoleh siswa kelas IV SD Negeri 57 Kota Bengkulu
sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 48 Kota Bengkulu
sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes yang
berbentuk pilihan ganda berjumlah 10 soal. Pelaksanaan tes sebanyak dua kali,
yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Dari hasil perhitungan uji-t nilai posttest siswa, sig (2-tailed) 0,002
lebih kecil dari 0,05. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil
posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang disebabkan karena adanya
perlakuan kedua kelas yang berbeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh penggunaan model pembelajaran Index Card Match berbantuan Flash
Card Terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV di SD Negeri Gugus III
Kota Bengkulu.
Kata kunci: Model Index Card Match, Flash Card, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 30 Oct 2024 02:27
Last Modified: 30 Oct 2024 02:27
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23127

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200