Yorika, Triana and Euis, Nursaadah and Mellyta, Uliyandari (2024) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG SISWA SMPN 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI YORIKA - Yorika Triana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Proses pembelajaran merupakan kegiatan mengajar dan belajar yang dilakukan
oleh guru dan peserta didik yang direncanakan dan dievaluasi dengan sistematis, sehingga
tercapainya tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Dalam proses pembelajaran
diperlukan pemahaman konsep agar peserta didik dapat memecahkan permasalahan yang
ada. Pemahaman konsep yang kurang baik disebabkan karena siswa tidak memahami
konsep yang telah dipelajarinya, sehingga mengalami kesulitan dalam memahami konsep
baru. Salah satu materi yang sulit dipahami pada pembelajaran IPA adalah materi getaran
dan gelombang. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui gambaran/profil pemahaman konsep peserta didik pada materi getaran dan
gelombang di SMPN 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
deskriptif (descriptive research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
SMPN 11 Kota Bengkulu dan Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN
11 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil pemahaman konsep peserta didik ada 17 siswa dengan persentase 7,6% siswa yang
memiliki pemahaman konsep kategori tinggi. Sedangkan pada kategori sedang ada 144
siswa dengan persentase 64,6% Serta ada 62 siswa yang memperoleh kategori rendah
dengan persentase 27,8% artinya ada sebanyak 62 siswa belum memahami konsep
getaran dan gelombang.
Kata Kunci : Analisis, Pemahaman Konsep, Getaran dan Gelombang
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 03:19 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 03:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23135 |