OKTA, RAHMA PUTRI and Eko, Risdianto and Indra, Sakti (2024) PENGEMBANGAN MODUL TATA SURYA BERBASIS MOOCs UNTUK SISWA KELAS VII SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skipsi_okta rahma putri_A1M019007 - Veni Oktaviani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul digital berbasis
MOOCs pada materi tata surya untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini
merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan model 3D yang
meliputi tahap Define, dan Design, Development. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah berupa observasi, wawancara, dan angket. Instrumen yang
digunakan pada penelitian ini berupa lembar observasi, lembar panduan wawancara
guru, lembar validasi ahli, dan lembar uji respon peserta didik. Teknik analisis data
dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
modul digital berbasis MOOCs valid dan dapat digunakan. Hasil uji respon peserta
didik terhadap modul digital yang dikembangkan menunjukkan kategori sangat
bagus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul digital yang
dikembangkan dinyatakan layak oleh tim ahli dan mendapat respon yang positif
dari peserta didik untuk dilanjutkan dalam uji coba skala luas untuk melihat
keefektivitasan produk.
Kata kunci : Modul Digital , MOOCs, Pengembangan, tata surya
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 03:30 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 03:30 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23137 |