Carlos, Juan and Agus, Trianto and M. Arifin, M. Arifin (2025) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
A1A020002 (JUAN CARLOS) - Juan Carlos.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Profil Pelajar Pancasila
dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data
dalam penelitian ini adalah salah satu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan
siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, rekaman, dan dokumentasi. Analisis data
melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru hanya merencanakan dimensi Profil
Pelajar Pancasila dibagian informasi umum saja, pada bagian pendahuluan, inti dan
penutup tidak direncanakan secara rinci. Pada pelaksanaannya Dimensi 1 (Beriman,
Bertaqwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia) mencakup elemen kunci
akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, alam, dan bernegara,
diwujdkan melalui kegiatan keagamaan rutin, kejujuran dalam mengerjakan tugas,
menghargai diri sendiri, penghormatan terhadap sesama dan lingkungan. Dimensi 2
(Berkebhinekaan Global) elemen kuci komunikasi antar budaya, refleksi
kebhinekaan, serta berkeadilan sosial yang terwujud melalui interaksi lintas
kelompok, mengangkat materi tentang isu sosial, dan metode acak dalam presentasi.
Dimensi 3 (Bergotong Royong) mencakup elemen kunci kolaborasi, kepedulian, dan
berbagi, yang diwujudkan melalui diskusi kelompok, diskusi tentang kepedulian
melalui cerita pendek, dan berbagi pengetahuan. Dimensi 4 (Mandiri) elemen kunci
pemahaman diri dan regulasi diri terwujud melalui penugasan individu dalam kerja
kelompok, pembelajaran daring, serta tanggung jawab mandiri. Dimensi 5 (Bernalar
Kritis) tidak timbul dalam pembelajaran. Dimensi 6 (Kreatif) terwujud dalam
pengembangan gagasan orisinal dalam penulisan pidato dan analisis kebahasaan,
serta keluwesan berpikir dalam mencari solusi masalah.
Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran bahasa Indonesia, Profil Pelajar Pancasila
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 01:51 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 01:51 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23157 |