PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENULIS TEKS TANGGAPAN KELAS VII SMP

Novrian, David Sal Domi and Dian Eka Chandra, Wardhana and Muhammad, Arifin (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENULIS TEKS TANGGAPAN KELAS VII SMP. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Archive (skripsi)
A1A020038 DAVID SAL DOMI NOVRIAN. - David Sal Domi Novrian.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan lembar kerja peserta
didik (LKPD) menulis teks tanggapan kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model
pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu
analisis kebutuhan, tahap pengembangan desain produk, uji kelayakan oleh ahli
dan praktisi, revisi, uji coba kelompok kecil, serta uji kepraktisan LKPD. Hasil
validasi dari ahli dan praktisi terhadap pengembangan lembar kerja peserta didik
(LKPD) menulis teks tanggapan kelas VII SMP, yang dikembangkan termasuk
dalam kriteria sangat layak dengan skor persentase 91,66% (sangat layak), 100%
(sangat layak), dan 100% (sangat layak). Serta hasil respon peserta didik melalui
uji coba kelompok kecil LKPD yang telah dilakukan, diperoleh skor persentase
93,66% (sangat praktis). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil uji kelayakan
terhadap LKPD yang dikembangkan sangat layak dan dapat dilakukan uji coba
kepada peserta didik, serta hasil respon peserta didik terhadap kepraktisan LKPD
dapat dinyatakan sangat praktis.
Kata kunci: Penelitian Pengembangan (Research and Development),
Kelayakan LKPD, Kepraktisan LKPD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 24 Feb 2025 01:51
Last Modified: 24 Feb 2025 01:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23162

Actions (login required)

View Item
View Item