PEMEROLEHAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN STUDI KASUS AGATA ASTRID SHEILA SIMANIHURUK DALAM KELUARGA SIMANIHURUK DI PADANG SERAI

Simanihuruk, Agnes Monica and Ngudining, Rahayu and Supadi, Supadi (2025) PEMEROLEHAN BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN STUDI KASUS AGATA ASTRID SHEILA SIMANIHURUK DALAM KELUARGA SIMANIHURUK DI PADANG SERAI. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Archive (skripsi)
Agnes Monica Simanihuruk (A1A020076) - Agnes Manihuruk.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada studi kasus dalam proses pemerolehan bahasa anak
usia lima – enam tahun. Pemerolehan bahasa pada anak usia lima – enam tahun
secara khusus telah memperoleh banyak sekali kosakata yang digunakan untuk
berkomunikasi dengan sesamanya. Pada penelitian studi kasus ini, bertujuan untuk
menganalisis mengenai jenis kata dan jenis kalimat yang diujarkan oleh Agata
Astrid Sheila Simanihuruk yang menjadi subjek pada penelitian ini. Pengambilan
data dalam penelitian ini dengan cara mengamati dan merekam subjek dalam
memproduksi kata dan juga kalimat. Penulis juga melakukan wawancara kepada
beberapa anggota keluarga Agata. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berfokus pada jenis kata yang
berupa verba, ajektiva, nomina, pronomina, numeralia, adverbia, interogrativa,
demonstrativa, preposisi, konjungsi dan kategori fatis. Masing – masing jenis kata
yang diperoleh berdasarkan pada kegiatan sehari – hari Agata, seperti menonton
TV, bermain, dan berkomunikasi dengan anggota keluarga yang lainnya.
Sedangkan pada jenis kalimat berfokus pada kalimat berklausa, kalimat tidak
berklausa, kalimat berita, kalimat tanya dan kalimat suruh yang berlandaskan juga
pada kegiatan sehari – hari Agata di lingkungan keluarga Agata di Padang Serai.
Berdasarkan pada penemuan dalam studi ini, Agata merupakan anak yangg dulunya
sangat jarang berbicara dan produksi katanya yang sangat sedikit. Namun, seiring
dengan berjalannya waktu, Agata dapat mengujarkan beragam jenis kata namun
Agata masih perlu belajar dan menyusun kalimat yang baik. Agata memperoleh
Bahasa Indonesia sebagai bahasa pertamanya dengan cara alamiah dan dibantu oleh
lingkungan Agata dalam pemerolehan bahasa. Agata memperoleh bahasa tersebut
melalui meniru dari tata bahasa dari orang tua dan orang di sekitar Agata.
Kata kunci : Pemerolehan Bahasa Indonesia. Anak usia 5 – 6 tahun.
Psikolinguistik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 24 Feb 2025 01:51
Last Modified: 24 Feb 2025 01:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23164

Actions (login required)

View Item
View Item