KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X MAN 2 KEPAHIANG

Pramesti, Helsi and Nafri, Yanti and Padi, Utomo (2025) KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X MAN 2 KEPAHIANG. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
Kostari Moneka_A1A020119_ Skripsi-Perpus Unib - Kostari Moneka.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kemampuan Menulis Puisi Siswa
Kelas X MAN 2 Kepahiang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas X
MAN 2 Kepahiang yang berjumlah 182 orang siswa. Sedangkan sampel dalam
penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling yaitu pengambilan sampel
yang dilakukan sesuai dengan persyaratan sebanyak 14% dari jumlah populasi
sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi
berupa hasil tes menulis puisi siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu statistik sederhana dengan menghitung nilai rata-rata. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata Kemampuan Menulis Puisi Siswa
Kelas X MAN 2 Kepahiang adalah 72 dengan katagori baik. Rata-rata
kemampuan menulis puisi siswa pada Aspek Diksi atau pilihan kata adalah 20
dengan katagori baik, rata-rata kemampuan menulis puisi siswa pada Aspek Gaya
Bahasa (majas) adalah 18 dengan katagori baik, rata-rata kemampuan menulis
puisi siswa pada Aspek Tema 17 dengan katagori sangat baik, dan rata-rata
kemampuan menulis puisi siswa pada Aspek Amanat 17 dengan katagori sangat
baik.
Kata kunci: Kemampuan, menulis puisi, siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 24 Feb 2025 03:13
Last Modified: 24 Feb 2025 03:13
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23173

Actions (login required)

View Item
View Item