PENGARUH MEDIA VIDEO TIKTOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU

Aisyah, Mutiara and Didi, Yulistio and Nafri, Yanti (2025) PENGARUH MEDIA VIDEO TIKTOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
MUTIARA AISYAH A1A020029 - Mutiara Aisyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Video TikTok memiliki kelebihan yaitu dapat memenuhi kebutuhan audio-visual
dalam pembelajaran bahasa, membantu pembelajar dalam memproses kata-kata untuk
mengekspresikan maksud, ide, pikiran, dan emosi, dan untuk latihan mengonsumsi
berita yang komprehensif di TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh media video TikTok terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas
VII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dan metode eksperimen, membandingkan nilai posttest antara kelompok yang
menggunakan media cetak dan yang diberi video Tiktok setelah kegiatan belajar
menulis teks berita. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 13
Kota Bengkulu dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random
sampling dan purposive sampling. Didapatkan sampel siswa kelas VII C dan kelas VII
D sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan
instrumen penelitian berupa tes esai. Teknik analisis data menggunakan uji t dua
sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa kelas eksperimen
memperoleh nilai rata-rata 72,73 pada kategori “Baik”. 2) Siswa kelas kontrol
memperoleh nilai rata-rata 68,32 pada kategori “Cukup”. 3) Ada pengaruh media video
TikTok terhadap keterampilan menulis teks berita. Dibuktikan dengan uji t yang
menunjukkan bahwa t!"#$%& > t#'()* yaitu 8,65 > 1,67. Jika dilihat dari Sig. (2-tailed)
yang didapatkan dari uji t melalui SPSS yaitu sebesar 0,00 < 0,05 maka H+ juga ditolak.
Kata kunci: Pengaruh Media, Video TikTok, Keterampilan Menulis, Teks Berita, Siswa
SMP

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 24 Feb 2025 03:13
Last Modified: 24 Feb 2025 03:13
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23176

Actions (login required)

View Item
View Item