Agraini, Sari and Rio, Kurniawan and Noermanzah, Noermanzah (2025) MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI TEKS BIOGRAFI YANG DIGUNAKAN GURU BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI Sari Agraini 2 - Sari Agraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang digunakan oleh
guru bahasa Indonesia pada materi teks biografi terkadang hanya sekedar
pelengkap dokumen modul ajar, sehingga pada pelaksanaannya belum
melaksanakan sintak model pembelajaran yang diterapkan. Untuk itu, tujuan
penelitian ini mendeskripsikan model pembelajaran PjBL pada materi teks
biografi yang digunakan guru bahasa Indonesia di kelas X SMK Negeri 3 Kota
Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitan kualitatif. Data diperoleh
melalui teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan wawancara.
Dokumentasi dilakukan dengan menganalisis dokumen modul ajar untuk
mengetahui model pembelajaran yang digunakan. Observasi dilakukan untuk
mengetahui kesesuaian antara model pembelajaran dengan sintak daam
pelaksanaan pembelajaran. Wawancara dilakukan untuk memperkuat dan
memperjelas data-data yang dikumpulkan. Uji keabsahan data menggunakan
teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun
data wawancara mengungkapkan bahwa guru merencanakan penggunaan model
PjBL, namun modul ajar tidak menggunakan langkah-langkah yang sesuai
dengan model PjBL. Maka, dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas,
guru tidak menerapkan sintak PjBL yang di harapkan kurikulum. Guru lebih
menggunakan metode ceramah dan penugasan. Langkah-langkah pembelajaran
yang digunakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran ini yaitu, guru memberikan
materi berupa video pembelajaran, guru meminta peserta didik membaca dan
memahami materi yang sudah diberikan, guru menjelaskan secara singkat tentang
materi teks biografi, guru memberikan tugas perorangan, dan guru menutup
pembelajaran.
Kata Kunci: Model Project Based Learning, Teks Biografi, Guru Bahasa
Indonesia.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 03:05 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 03:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23193 |