Triansyah, Redo and Soengkono, Soengkono (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MARKETING MIX YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MEMBELI PRODUK ELEKTRONIK PADA SPEKTRA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.
![Redo PDF.pdf [thumbnail of Redo PDF.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Redo PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (566kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap keputusan konsumen membeli produk elektronik pada Spektra Bengkulu.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel
dari suatu populasi yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Jenis data
yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder
yang berupa laporan, referensi dan dokumen pada Spektra Bengkulu. Populasi dalam
penelitian adalah seluruh konsumen yang membeli produk elektronik pada Spektra
Bengkulu secara kredit. Metode pengambilan sampel digunakan adalah accidental
sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Metode analisis yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis faktor.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa : (1) Reduksi terhadap 20
faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen membeli produk elektronik pada Spektra
Bengkulu, menghasilkan 5 (lima) faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen.
Kelima faktor tersebut adalah: faktor produk, faktor harga, faktor lokasi toko, faktor
kebutuhan dan layanan, dan faktor kelompok acuan dan promosi; dan (2) Kontribusi
kelima faktor tersebut secara bersama-sama menunjukkan akumulasi pengaruh pada
keputusan konsumen dalam membeli produk elektronik pada Spektra Bengkulu sebesar
69,5% sedangkan selebihnya adalah adanya pengaruh faktor lain di luar kelima faktor
tersebut.
Dari hasil penelitian dan didasarkan pada kesimpulan yang ada, maka dapat
dikemukakan beberapa saran : (1) Faktor kelompok acuan dan promosi sangat dominan
pengaruhnya terhadap keputusan konsumen membeli produk elektronik pada Spektra
Bengkulu. Oleh sebab itu, perlu peningkatan promosi-promosi penjualan seperti
periklanan, personal seling, dan mouth to mouth; (2) Mengingat segmen pelanggan
produk elektroni di Bengkulu adalah berasal dari kalangan menengah ke atas dengan
tingkat penghasilan yang relatif baik, pada pengusaha produk elektronik harus berusaha
menunjukkan layanan yang cepat dan menyediakan produk-produk yang berkualitas
sehingga dapat memenuhi keinginan konsumen; dan (3) Untuk penelitian lebih lanjut
agar dikembangkan dengan mengamati variabel-variabel baru selain yang telah
dilakukan dalam penelitian ini atau pada aspek perilaku konsumsi maupun preferensi
konsumen pada produk elektronik pada beberapa periode tertentu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 29 Nov 2013 01:02 |
Last Modified: | 29 Nov 2013 01:02 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2320 |