ANALISIS KESALAHAN KEBAHASAAN TEKS CERAMAH SISWA KELAS XI MIPA SMAN 2 KOTA BENGKULU

Osawinata, Vicky Fiorina and Suryadi, Suryadi and Supadi, Supadi (2025) ANALISIS KESALAHAN KEBAHASAAN TEKS CERAMAH SISWA KELAS XI MIPA SMAN 2 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Archive (skripsi)
Vicky Fiorina Osawinata_A1A018032 - Vicky Fiorina Osawinata.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan kebahasaan dalam
teks ceramah yang ditulis oleh siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik
pengumpulan data melalui dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah 30 teks
ceramah yang dibuat oleh siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu. Data
yang dianalisis berupa kata atau kalimat yang mengandung kesalahan kebahasaan,
meliputi penggunaan ejaan seperti penulisan huruf kapital dan penulisan kata,
serta kesalahan dalam penulisan kalimat efektif. Teknik analisis data dilakukan
melalui tahap identifikasi, klasifikasi, interpretasi, dan penyimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan adanya berbagai kesalahan kebahasaan yang ditemukan
meliputi penggunaan ejaan dan kalimat efektif. Kesalahan ejaan meliputi
ketidaktepatan penulisan huruf kapital di awal kalimat; ketidaktepatan penulisan
huruf kapital pada nama orang; ketidaktepatan penulisan huruf kapital pada
petikan langsung; ketidaktepatan penulisan huruf kapital pada nama agama, kitab
suci, tuhan, serta kata ganti untuk tuhan; ketidaktepatan penulisan huruf kapital
pada gelar keagamaan; ketidaktepatan penulisan huruf kapital pada nama bangsa
atau bahasa, ketidaktepatan penulisan huruf kapital pada judul; ketidaktepatan
penulisan huruf kapital pada ungkapan penyapaan; ketidaktepatan penulisan huruf
kapital yang ditulis di tengah kalimat; dan ketidaktepatan penulisan huruf kapital
yang ditulis di akhir kalimat. Selain itu, terdapat pula kesalahan dalam penulisan
kata gabung, kata depan, dan kata baku. Dalam aspek kalimat efektif, kesalahan
ditemukan dalam unsur kesepadanan, keparalelan, kehematan, dan kepaduan
kalimat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan
metode pengajaran bahasa Indonesia yang lebih efektif di tingkat sekolah
menengah atas.
Kata kunci: Analisis Kesalahan Kebahasaan, Teks Ceramah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:29
Last Modified: 25 Feb 2025 03:29
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23201

Actions (login required)

View Item
View Item