PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU

Khairunnisa, Indah Kurnia and Sri, Saparahayuningsih and Syahriman, Syahriman (2025) PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Archive (skripsi)
Indah Kurnia Khairunnisa_A1L020055_Per.Unib - Indah Kurnia Khairunnisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan
klasikal dengan teknik diskusi terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII SMP
Negeri 22 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu yang berjumlah 58
siswa. Sampel penelitian berjumlah 28 siswa diambil dengan teknik random intact
group design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket penyesuaian diri
dengan model skala Likert dan analisis data penelitian menggunakan uji-t (paired
sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penyesuaian diri
siswa sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi ada
pada dalam kategori rendah, kemudian tingkat penyesuaian diri siswa setelah
diberikan layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi ada pada dalam
kategori tinggi. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil
uji t -25,495. Artinya terdapat pengaruh bimbingan klasikal dengan teknik diskusi
terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu.
Kata kunci: penyesuaian diri, bimbingan klasikal, teknik diskusi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Mar 2025 03:24
Last Modified: 06 Mar 2025 03:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23231

Actions (login required)

View Item
View Item