PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMAN 1 BENGKULU TENGAH

Julianto, Jimmi and Dian, Pujianto and Oddie, Barnanda Rizky (2025) PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMAN 1 BENGKULU TENGAH. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Archive (skripsi)
SKRIPSI JIMMI JULIANTO A1H020039 - Jimmi Julianto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika dalam Penerapan
Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMAN 1
Bengkulu Tengah. Dalam penelitian ini terdapat tiga aspek yang diaamati yaitu
Problematika, Kurikulum Merdeka dan Pendidikan Jasmani. Pendekatan kualitatif
deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Subjek dalam penelitian ini adalah guru
Pendidikan Jasmani di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Sedangkan objek dalam
penelitian ini adalah Problematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka dalam
Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMAN 1 Bengkulu Tengah. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 15
Problematika dalam Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Jasmani di
SMAN 1 Bengkulu Tengah. Problematika tersebut berasal dari kegiatan
pembelajaran yang meliputi: Pertama, media dan metode tidak menarik. Kedua,
guru kesulitan memahami Kurikulum Merdeka. Ketiga, kegiatan pelatihan hanya
di sekolah. Keempat, guru tidak melakukan apersepsi. Kelima, siswa tidak mandiri.
Keenam, siswa tidak berpikir kritis. Ketujuh, siswa tidak kreatif. Kedelapan, siswa
tidak menganalisis materi. Kesembilan, siswa tidak mampu menciptakan hal baru.
Kesepuluh, siswa tidak aktif. Kesebelas, rendahnya minat dan kurangnya
pemahaman guru dalam inti kegiatan. Keduabelas, guru tidak memberikan kuis.
Ketigabelas, tidak memberikan tugas kelompok. Keempatbelas, penentuan asesmen
berbasis proyek. Kelimabelas guru hanya memberi pertanyaan.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Jasmani, Problematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:43
Last Modified: 12 Mar 2025 01:42
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23259

Actions (login required)

View Item
View Item