�����, ����� and �����, ������ ����� and ����, ����� (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH CURUP. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
A1C018043_WULAN UTAMI_PEND.MATEMATIKA - Wulan Utami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan
penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap Hasil
Belajar Peserta Didik pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII MTS
Muhammadiyah Curup. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu
dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTS Muhammadiyah Curup tahun
pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan
teknik Purposive Sampling sehingga terpilih kelas VIII B sebagai kelas ekxperimen
dengan jumlah siswa 29 orang yang diberikan pembelajaran dengan model
ekspositori dan model pembelajaran Realistic Mathematics Education.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar
yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes
sebelum dan tes setelah Realistic Mathematics Education terkait tes hasil belajar
diperoleh sebesar 76,33 dan 89,25, kemudian dilakukan uji paired t-test dan
diperoleh nilai �ℎ����� > ������ yaitu 15,06 > 1,68, sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Realistic
Mathematics Education terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Relasi
dan Fungsi Kelas VIII MTS Muhammadiyah Curup. Tahapan model pembelajaran
realistic mathematics education yang sangat mempengaruhi hasil belajar siswa
adalah tahapan pengembangan masalah dikarenakan tahap ini siswa diberikan
kebebasan untuk menyusun strategi dalam meyelesaikan masalah serta siswa dapat
mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya.
Kata Kunci : Hasil Belajar, penelitian eksperimen semu,Realistic Mathematics
Education
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 04:16 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 04:16 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23285 |