Fawwaz, Ghazy Mu’ammar and Ringki, Agustinsa and Della, Maulidiya (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM KONTEKS FISIKA UNTUK PENGAYAAN PEMECAHAN MASALAH GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS XI SMA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Akhir Ghazy-compressed - Ghazy Muammar Fawwaz.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Konteks fisika akan membuat peserta didik belajar matematika sambil mengenal
fisika lebih banyak, sehingga suasana dalam belajar yang sebelumnya
membosankan jadi lebih menarik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk
menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based
Learning dalam konteks fisika untuk pengayaan pemecahan masalah garis singgung
lingkaran kelas XI SMA yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan
jenis Penelitian Desain pendidikan tipe development study yang terdiri atas tiga
tahapan, yaitu preliminary research (analisis kebutuhan), prototyping phase
(pembuatan prototipe), dan assessment phase (fase penilaian). Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi pedoman wawancara validasi, lembar
kepraktisan, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil dari
penelitian ini adalah LKPD dinyatakan valid oleh validator berdasarkan tiga aspek,
yaitu konstruksi, isi, bahasa. LKPD ini sangat praktis bagi peserta didik dan guru
dengan rata-rata yaitu sebesar 4,03 dan 4,13 untuk aspek kegunaan, 3,92 dan 3,93
untuk aspek kemudahan penggunaan, 4,06 dan 3,90 untuk aspek kemudahan
belajar, serta 4,05 dan 4,02 untuk aspek kepuasan. LKPD memenuhi kriteria efektif
untuk melatih kemampuan pemecahan masalah dilihat dari tercapainya nilai yang
diperoleh 75% pada setiap indikator pemecahan masalah minimal 70 dan total nilai
KPM minimal rata-rata 80. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis
PBL dalam konteks fisika dapat menjadi alat pembelajaran yang valid, praktis, dan
efektif dalam meningkatkan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Kata Kunci : LKPD, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah, Konteks
Fisika, Desain Pendidikan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 04:17 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 04:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23289 |