Febrianingsih, Rizki and Ringki, Agustinsa and Elwan, Stiadi (2025) EKSPLORASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PELUANG PADA SISWA SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi [thumbnail of skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI_RIZKI FEBRIANINGSIH_A1C018053_PEND.MATEMATIKA-dikompresi - Rizki Febria.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah
materi peluang pada siswa SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 12 Kota Bengkulu yang
berjumlah 29 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes soal
pemecahan masalah materi peluang dan wawancara yang mengukur kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)
rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada kriteria sedang 48,42%.
Adapun kriteria klasifikasi kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu: kriteria
tinggi 24,14%, kriteria sedang 41,38%, kriteria rendah 34,48%. 2) Tingkat
kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan indikator yaitu pada indikator
memahami masalah berada pada kriteria sedang dengan presentase 63,41%,
merencanakan penyelesaian berada pada kriteria sedang dengan presentase 59,96%,
melaksanakan rencana penyelesaian berada pada kriteria sedang dengan presentase
36,02%, dan memeriksa kembali termasuk kriteria sedang dengan presentase
34,02%. 3) Siswa dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah tinggi
berdasarkan setiap indikator pemecahan masalah termasuk kriteria tinggi. Siswa
dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah sedang pada indikator memahami
masalah termasuk kriteria tinggi, indikator merencanakan penyelesaian termasuk
kriteria sedang, dan indikator melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa
kembali termasuk kriteria rendah. Sedangkan siswa dengan tingkat kemampuan
pemecahan masalah rendah pada indikator memahami masalah dan merencanakan
penyelesaian termasuk kriteria sedang. Dan pada indikator melaksanakan rencana
penyelesaian dan memeriksa kembali termasuk kriteria rendah.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Peluang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 04:17 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 04:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23293 |