ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER KELAS VIII SMP ISLAM AL HASANAH KOTA BENGKULU BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Nuhli, Vhicen and Ringki, Agustinsa and Edi, Susanto (2025) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER KELAS VIII SMP ISLAM AL HASANAH KOTA BENGKULU BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi] Archive (skripsi)
SKRIPSI_VHICEN NUHLI_A1C020010_compressed (1) - Viona Arista.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal Penilaian
Akhir Semester (PAS) tahun ajaran 2022/2023 kelas VIII SMP Islam Al Hasanah
Kota Bengkulu berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jenis Penelitian ini adalah
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
adalah seluruh lembar soal PAS kelas VIII SMP Islam Al Hasanah Kota Bengkulu
tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 soal dengan jenis soal pilihan ganda.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ditinjau dari tingkat kognitif soal berdasarkan Taksonomi
Bloom Revisi terdapat 4 soal (13,33%) dengan kategori tingkat kognitif C1
“Mengingat”, 4 soal (13,33%) dengan kategori tingkat kognitif C2 “Memahami”,
21 soal (70%) dengan kategori tingkat kognitif C3 “Mengaplikasikan”, 1 soal
(3,33%) dengan kategori tingkat kognitif C4 “Menganalisis”, dan tidak terdapat
soal (0%) dengan kategori tingkat kognitif C5 “Mengevaluasi” dan C6 “Mencipta”.
Kata Kunci: Soal PAS, Tingkat Kognitif Soal, Taksonomi Bloom Revisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Mar 2025 04:17
Last Modified: 14 Mar 2025 04:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23295

Actions (login required)

View Item
View Item