PENGEMBANGAN PANDUAN PERCOBAAN SAINS UNTUK MENSTIMULASI SIKAP ILMIAH ANAK DI PAUD DELLIA CREATIVE SCHOOL KOTA BENGKULU

Astuti, Emi and Fitri, April Yanti and Nesna, Agustriana (2025) PENGEMBANGAN PANDUAN PERCOBAAN SAINS UNTUK MENSTIMULASI SIKAP ILMIAH ANAK DI PAUD DELLIA CREATIVE SCHOOL KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi] Archive (Skripsi)
Emi Astuti (A1I020065) - Emi Astuti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena belum adanya buku panduan percobaan sains
sehinga dalam proses pengembangan kognitif anak akan terganggu karena anak
tidak diberikan kesempatan mengeksplor potensi kemampuan anak. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan dan efektifitas panduan percobaan
sains untuk menstimulasi sikap ilmiah anak. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development)
dengan menggunakan pendekatan model ADDIE. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa buku panduan percobaan sains layak untuk menstimulasi
sikap ilmiah anak di PAUD Dellia Creative School Kota Bengkulu. Sesuai
dengan hasil expert judgement oleh para ahli terhadap modul ini dinilai sangat
layak dengan skor presentase 97,91%, dengan rincian presentase ahli media
100%, ahli materi 97,91%, dan hasil uji coba respon guru memperoleh skor
93,9%. Disarankan (1) kepala sekolah hendaknya memberikan sosialisasi kepada
guru tentang pentingnya penggunaan buku panduan dalam proses pembelajaran
dan (2) kepada guru hendaknya lebih kreatif dalam penggunaan buku panduan
seperti salah satu contohnya membuat buku panduan percobaan sains untuk
menstimulasi sikap ilmiah anak.
Kata Kunci :Percobaan Sains, sikap ilmiah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Apr 2025 04:02
Last Modified: 10 Apr 2025 04:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23310

Actions (login required)

View Item
View Item