PENGEMBANGAN E-MODUL SAINS BERBASIS PROYEK UNTUK MENSTIMULASI SIKAP ILMIAH ANAK USIA DINI DI TKIT AULADUNA 1 KOTA BENGKULU

Sarah, Deta Mei and Fitri, April Yanti and Melia, Eka Daryati (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL SAINS BERBASIS PROYEK UNTUK MENSTIMULASI SIKAP ILMIAH ANAK USIA DINI DI TKIT AULADUNA 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi] Archive (Skripsi)
SKRIPSI Deta Mei Sarah_PGPAUD 2024 - Deta_mei _sarah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon guru terhadap e-
modul sains berbasis proyek untuk menstimulasi sikap ilmiah anak usia dini. Metode
penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu terdiri dari pendefinisian
(define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate).
Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon guru untuk
menguji kelayakan e-modul. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 3 orang
validator ahli (ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa) serta 4 orang guru/pendidik
sebagai praktisi. Hasil penelitian diperoleh melalui validasi ahli dan angket respon guru
dengan hasil rata-rata 3,51 yang dinyatakan layak untuk diterapkan di TK. Menurut
hasil dari respon guru terhadap e-modul sains berbasis proyek untuk menstimulasi
sikap ilmiah didapatkan jumlah persentase penilaian sebesar 93% dengan kategori
“Layak” untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji kelayakan e-modul sains berbasis
proyek untuk menstimulasi sikap ilmiah anak usia dini dinyatakan layak untuk
diaplikasikan sebagai bahan ajar tambahan. E-modul dapat menjadi bahan ajar yang
mudah digunakan karena dapat diakses menggunakan laptop, tablet, dan handphone.
E-modul ini disarankan untuk digunakan secara lebih luas di lembaga pendidikan anak
usia dini. E-modul ini dapat membantu anak-anak mengembangkan sikap ilmiah
seperti rasa ingin tahu, berpikir kritis, ketekunan, dan kerja sama melalui kegiatan yang
memerlukan keterlibatan langsung. Untuk pengembangan lebih lanjut, e-modul harus
dilengkapi dengan fitur yang lebih interaktif dan sesuai dengan kurikulum lokal, serta
disertai pelatihan intensif bagi guru agar implementasi dapat berjalan efektif.
Kata Kunci : E-Modul, Sains Anak Usia Dini, Sikap Ilmiah Anak, Pembelajaran
Proyek

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Apr 2025 04:02
Last Modified: 15 Oct 2025 07:40
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23318

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini