Sarah, Deta Mei and Fitri, April Yanti and Melia, Eka Daryati (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL SAINS BERBASIS PROYEK UNTUK MENSTIMULASI SIKAP ILMIAH ANAK USIA DINI DI TKIT AULADUNA 1 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI Deta Mei Sarah_PGPAUD 2024 - Deta_mei _sarah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon guru terhadap e-
modul sains berbasis proyek untuk menstimulasi sikap ilmiah anak usia dini. Metode
penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu terdiri dari pendefinisian
(define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate).
Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon guru untuk
menguji kelayakan e-modul. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 3 orang
validator ahli (ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa) serta 4 orang guru/pendidik
sebagai praktisi. Hasil penelitian diperoleh melalui validasi ahli dan angket respon guru
dengan hasil rata-rata 3,51 yang dinyatakan layak untuk diterapkan di TK. Menurut
hasil dari respon guru terhadap e-modul sains berbasis proyek untuk menstimulasi
sikap ilmiah didapatkan jumlah persentase penilaian sebesar 93% dengan kategori
“Layak” untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji kelayakan e-modul sains berbasis
proyek untuk menstimulasi sikap ilmiah anak usia dini dinyatakan layak untuk
diaplikasikan sebagai bahan ajar tambahan. E-modul dapat menjadi bahan ajar yang
mudah digunakan karena dapat diakses menggunakan laptop, tablet, dan handphone.
E-modul ini disarankan untuk digunakan secara lebih luas di lembaga pendidikan anak
usia dini. E-modul ini dapat membantu anak-anak mengembangkan sikap ilmiah
seperti rasa ingin tahu, berpikir kritis, ketekunan, dan kerja sama melalui kegiatan yang
memerlukan keterlibatan langsung. Untuk pengembangan lebih lanjut, e-modul harus
dilengkapi dengan fitur yang lebih interaktif dan sesuai dengan kurikulum lokal, serta
disertai pelatihan intensif bagi guru agar implementasi dapat berjalan efektif.
Kata Kunci : E-Modul, Sains Anak Usia Dini, Sikap Ilmiah Anak, Pembelajaran
Proyek
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 04:02 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 04:02 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23318 |