Alawiyah, Nur and Didik, Suryadi and Wembrayarli, Wembrayarli (2025) KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELAS 1 SD DILIHAT DARI TINGKAT PENDIDIKAN TK DAN NON TK SEKECAMATAN RATU SAMBAN. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi_Nur Alawiyah - Nur alawiyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Tingkat pendidikan TK dan Non TK memberikan kontribusi terhadap
perbedaan kemampuan membaca anak kelas satu SD. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menjelaskan perbedaan kemampuan membaca anak kelas satu SD
dilihat dari tingkat pendidikan TK dan Non TK Se-kecamatan Ratu Samban Kota
Bengkulu.jenis penelitian pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas satu yang
berjumlah 73 anak. penentuan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan metode tes. Teknik analisis data
digunakan rumus t hitung dengan prasyarat data normal dan data homogen.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh nilai t hitung (17.924)
> t tabel (2.02809) dan sig (0.01) < 0.05, maka disimpulkan TK berpengaruh
positif dan signifikan sementara itu hasil analisis dari tabel Capaian Membaca
Non TK diatas diperoleh nilai t hitung (17.924) > t tabel (2.03452) dan sig (0.01)
< 0.05, disimpulkan Non TK berpengaruh positif dan signifikan, maka terdapat
perbedaan kemampuan membaca anak kelas satu SD dilhat dari tingkat
pendidikan TK dan Non TK Se-kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu.
Disarankan (1) bagi guru, Diharapkan mampu mengkonfirmasikan kepada orang
tua tentang pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD) sebelum memasuki
tingkat pendidikan lanjut (SD). (2) bagi orang tua Diharapkan orang tua lebih
perhatian terhadap kesiapan anak dan peduli akan pentingnya pendidikan yang
sesuai dengan kebutuhan anak sebelum memasuki pendidikan yang lebih lanjut.
Kata kunci: kemampuan membaca, tingkat pendidikan TK dan Non TK, kelas
satu SD
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 03:27 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 03:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23321 |