Ramadhina, Nessa Adelia and M. Sutarno, M. Sutarno and Deni, Parlindungan (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Nessa Adelia Ramadhina_A1M020013 - Nessa Adelia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran
interaktif berorientasi pemahaman konsep siswa SMP kelas VII pada materi Zat dan
Perubahannya yang telah dikembangkan serta mengetahui respon siswa terhadap
media pembelajaran interaktif berorientasi pemahaman konsep siswa SMP kelas VII
pada materi Zat dan Perubahannya. Desain penelitian pengembangan yang digunakan
yaitu (R&D). Terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design),
pengembangan (Develop), dan penyebarluasan (Desseminate). Namun pada
penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (Develop).
Berdasarkan hasil uji validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi
terhadap media pembelajaran interaktif berorientasi pemahaman konsep siswa SMP
kelas VII pada materi zat dan perubahannya yang telah dikembangkan secara
keseluruhan memperoleh persentase rata-rata pada semua aspek validasi media
sebesar 95,83% dalam kategori sangat layak dan persentase rata-rata pada semua
aspek validasi materi sebesar 89,72% dalam kategori sangat layak. Hal ini
menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berorientasi pemahaman konsep
siswa SMP kelas VII pada materi zat dan perubahannya adalah produk yang sangat
layak untuk dilanjutkan pada tahap uji coba lapangan. Hasil uji keterbacaan yang
telah dilakukan didapatkan hasil yaitu total persentase rata-rata pada semua aspek uji
keterbacaan sebesar 95,83% dalam kategori “sangat baik” yang artinya bahwa guru
merespon media pembelajaran interaktif dengan sangat baik yang didalamnya
terdapat teks, gambar, video pembelajaran, simulasi praktikum, dan latihan soal untuk
membantu peserta didik dalam memahami materi. Hasil uji respon peserta didik yang
telah dilakukan didapatkan total persentase rata-rata respon peserta didik sebesar
90,90% dalam kategori “sangat baik”, sehingga dapat diartikan bahwa peserta didik
menyukai jika dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran
interaktif yang didalamnya terdapat teks, gambar, video pembelajaran, simulasi
praktikum, dan latihan soal. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif
berorientasi pemahaman konsep yang dikembangkan dapat dilanjutkan pada tahap uji
coba implementasi dalam pembelajaran di kelas.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Berorientasi Pemahaman Konsep, Siswa SMP
kelas VII, Zat dan Perubahannya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 03:22 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 03:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23329 |