PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA

Asri, Sherlina Dwi and Ariefa, Primair Yani and Aprina, Defianti (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SHERLINA DWI ASRI-A1M020034 - Viaa.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Mengetahui berapa besar
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan
kelas VIIC sebagai kelas eksperimen. Masing-masing kelas berjumlah 27 siswa
sehingga dua kelas berjumlah 54 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian quasi eksperiment dengan desain nonequivalent Control Group Desain.
Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar dengan uji-t sampel independen,
diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Hasil perhitungan peningkatakan hasil belajar dengan skor N-gain, berdasarkan
perolehan hasil rata-rata nilai skor N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,62
berada pada kategori sedang. Persentase peningkatan hasil belajar berdasarkan
rata-rata N-gain persen sebesar 62,38%. Maka dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dalam kategori sedang.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Ekologi
dan Keanekaragaman Hayati Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 15 Apr 2025 04:04
Last Modified: 15 Apr 2025 04:04
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23336

Actions (login required)

View Item
View Item