PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS 3 SDN 37 KOTA BENGKULU

Enjelita, Enjelita and Herman, Lusa and Nani, Yuliantini (2025) PENERAPAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS 3 SDN 37 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi] Archive (Skripsi)
Enjelita NPM A1G020119 (PGSD) - Enjel Ita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di
kelas III SD Negeri 37 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran
Example Non Example berbantu media pembelajaran Papan Kata. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan
siswa kelas III yang berjumlah 29 siswa. Instumen penelitian yang digunakan yaitu
lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data lembar observasi
menggunakan rumus nilai rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisi skor
dan rentang nilai untuk setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-
rata dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil tes observasi aktivitas guru
rata- rata skor pada siklus I sebesar 49 dengan kategori baik meningkat pada siklus
II menjadi 66 dengan kategori sangat baik. Hasil Observasi aktivitas siswa rata-rata
skor siklus I sebesar 48 dengan kategori baik, meningkat pada siklus II menjadi 67
dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan mata
pelajaran Bahasa Indonesia siklus I rata-rata 68,27 dengan ketuntasan belajar
klasikal sebesar 58,62%, meningkat pada siklus II menjadi 80,68 dengan ketuntasan
belajar klasikal sebesar 86,20%. Hasil belajar pada mata pelajaran PPKn pada siklus
I memperoleh rata-rata 69,65 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,60%,
meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata 83,44 dengan ketuntasan belajar
klasikal sebesar 89,65%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran Example Non
Example berbantu media pembelajaran Papan Kata dapat meningkatkan
kemampuan membaca pemahaman di kelas III SD Negeri 37 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Example Non Example, Kemampuan Membaca Pemahaman,
Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:54
Last Modified: 16 Apr 2025 02:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23344

Actions (login required)

View Item
View Item