STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL TERHADAP SISWA KELAS V DI SD NEGERI 57 KOTA BENGKULU

Kontesa, Kamelia and Nani, Yuliantini and Dalifa, Dalifa (2025) STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU SEBAGAI PEMBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL TERHADAP SISWA KELAS V DI SD NEGERI 57 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi] Archive (Skripsi)
Kamelia Kontesa_A1G020075 - Kamelia Kontesa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing
dalam mengembangkan karakter peduli sosial terhadap siswa kelas V di SD Negeri
57 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah
guru kelas dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu
observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu
pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensation),
penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion
drawing/verification). Hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan
bahwa guru SD Negeri 57 Kota Bengkulu telah melakukan perannya sebagai
pembimbing dalam mengembangkan karakter peduli sosial siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa guru berperan penting dalam enam aspek, yaitu mengenal
siswa secara individual, membangun hubungan yang kuat, menjadi mentor,
memfasilitasi diskusi dan refleksi, memberikan model perilaku positif, serta
mengarahkan siswa pada tindakan nyata. Kesimpulannya, penelitian ini
menunjukkan bahwa peran guru sebagai pembimbing sangat penting dalam
mengembangkan karakter peduli sosial siswa di SD Negeri 57 Kota Bengkulu.
Meskipun guru telah melakukan upaya signifikan dalam membimbing
perkembangan karakter peduli sosial siswa, terdapat kekurangan dalam
memfasilitasi diskusi reflektif setelah kegiatan sosial. Penelitian ini
merekomendasikan peningkatan keterlibatan guru dalam diskusi, pelatihan untuk
guru, pengembangan program kegiatan sosial, kolaborasi dengan orang tua, dan
evaluasi berkala dengan demikian, diharapkan siswa dapat menjadi individu yang
lebih empatik dan bertanggung jawab dalam kehidupan sosial.
Kata Kunci : Peran Guru, Pembimbing, Karakter, Peduli Sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:54
Last Modified: 16 Apr 2025 02:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23345

Actions (login required)

View Item
View Item