ANALISIS PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DALAM PERANGKAT PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV A SD NEGERI 44 KOTA BENGKULU (KURIKULUM MERDEKA)

Saputri, Rice and Dalifa, Dalifa and Nani, Yuliantini (2025) ANALISIS PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DALAM PERANGKAT PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV A SD NEGERI 44 KOTA BENGKULU (KURIKULUM MERDEKA). Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi] Archive (Skripsi)
RICE SAPUTRI (A1G020157) - Putry Rice.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan culturally
responsive teaching dalam perangkat pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 44
Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode
analisis isi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV A di SDN 44 Kota
Bengkulu dengan objek penelitian yaitu perangkat pembelajaran IPAS tahun
2022. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu human instrument (peneliti itu
sendiri) dengan menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yaitu perangkat pembelajaran. teknik pengumpulan data berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data melalui
triangulasi. Hasil penelitian dari analisis pendekatan culturally responsive
teaching dalam perangkat pembelajaran IPAS kelas IV A SDN 44 Kota Bengkulu
(Kurikulum Merdeka) ini menunjukan bahwa pada perangkat pembelajaran guru
telah menyusun modul ajar dengan menggunakan pendekatan culturally
responsive teaching. Hal tersebut dapat dilihat pada komponen inti modul ajar
yaitu tujuan pembelajaran, asesmen, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik
dan kegiatan pembelajaran yang terdapat pendekatan culturally responsive
teaching serta terdapat lima komponen langkah-langkah culturally responsive
teaching pada kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa
perangkat pembelajaran IPAS kelas IV A SD Negeri 44 Kota Bengkulu yang
dibuat oleh guru telah menggunakan pendekatan culturally responsive teaching.
Kata Kunci: Pendekatan Culturally Responsive Teaching, Perangkat
Pembelajaran, IPAS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:54
Last Modified: 16 Apr 2025 02:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23348

Actions (login required)

View Item
View Item