PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MEMBENTUKKARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV SD NEGERI 37 KOTABENGKULU

Miana, Dwi Fadillah and Herman, Lusa and Yuli, Amaliyah (2025) PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MEMBENTUKKARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV SD NEGERI 37 KOTABENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi] Archive (Skripsi)
Skripsi Dwi Fadillah Miana.(A1G020121) - Dwi Fadillah Miana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator
dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IV SD Negeri 37 Kota Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa yang berjumlah 27 siswa. Instrumen
penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi dan
wawancara serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan
data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik keabsahan data
melalui triangulasi dan member check. Hasil dari penelitian ini meliputi (1) guru
menyediakan guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi untuk
menanamkan karakter disiplin siswa kelas IV, (2) guru mengadakan persaingan
agar anak termotivasi untuk disiplin, (3)guru memberikan nilai dala bentuk angka
bagi siswa yang disiplin, (4) guru memberitahu hasil belajar pada siswa, (5) guru
meberikan pujian pada siswa yang disiplin sebagai bentuk motivasi pada siswa
kelas IV, (6) guru memberikan hukuman pada siswa yang kurang displin sebagai
bentuk peran guru sebagai motivator. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada
guru kelas IV berperan sebagai motivator untuk menanamkan karakter disiplin
pada siswa kelas IV.
Kata kunci : Guru, Motivator, Disiplin

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:54
Last Modified: 16 Apr 2025 02:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23349

Actions (login required)

View Item
View Item