PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 50 REJANG LEBONG

Oktavia, Silvi and Nani, Yuliantini and Herman, Lusa (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 50 REJANG LEBONG. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi] Archive (Skripsi)
skripsi Silvi Oktavia A1G020170 - Silvy Oktavia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil
belajar dengan penerapan model Problem Based Learning siswa kelas IV SDN 50
Rejang Lebong. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK),
yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru
dan siswa kelas IV SDN 50 Rejang Lebong yang berjumlah 20 siswa. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis
data menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor,
dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-
rata kelas dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia
menggunakan model Problem Based Learning. Hasil skor aktivitas guru siklus I
diperoleh 85,5 kategori baik dan meningkat pada siklus II 103,5 kategori sangat
baik. Hasil skor aktivitas siswa siklus I diperoleh 73,5 kategori cukup dan
meningkat pada siklus II diperoleh 81 kategori baik. Hasil belajar siswa pada
pelajaran Bahasa Indonesia siklus I diperoleh nilai rata-rata 61,75 dengan
ketuntasan klasikal 45% meningkat pada siklus II yaitu 7 8,5 dengan ketuntasan
klasikal 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil siswa pada
pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 50 Rejang Lebong.
Kata kunci: Model Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:54
Last Modified: 16 Apr 2025 02:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23350

Actions (login required)

View Item
View Item