Nabila, Tiara Desya and Dalifa, Dalifa and Neza, Agusdianita (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SDN GUGUS XV DI KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Tiara Desya Nabila_A1G020064_Skripsi - Tiara Desya Nabila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terdiferensiasi terhadap
hasil belajar IPAS pada SD Gugus XV di Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 56
orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode Eksperimen Semu. Populasi
pada penelitian ini adalah SDN 76 dan SDN 104 Kota Bengkulu. Sampel penelitiannya
adalah kelas IV A SDN 76 sebagai kelompok eksperimen, dan kelas IV A SDN 104
sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest dan
posttest. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji prasyarat, analisis inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah
80.00, dan nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 68,15 Berdasarkan hasil uji Wilcoxon
menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000<0,05, maka
dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. berarti pembelajaran terdiferensiasi
(X) memberikan kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar IPA (Y) IPAS SD
Gugus XV di Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, IPAS
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 02:54 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 02:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23354 |