Anggraini, Kartika and Manap, Somantri and Asti, Putri Kartiwi (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM TRANSFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH DI KABUPATEN MUSI RAWAS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
kartika bebas perpus universitas - Kartika Anggraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan transformasi manajemen sekolah
meliputi kurikulum dan pembelajaran, peserta didik, pendidik dan tenaga
kependidikan, sarana dan prasarana, dan lingkungan sekolah dengan
diimplementasikannya Kurikulum Merdeka. Pendekatan penelitian ini adalah
kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Subjek penelitian ini adalah Kepala
Sekolah dan Guru di Kabupaten Musi Rawas. Teknik pengambilan data dengan
kuesioner berbentuk Google formulir. Hasil penelitian ini adalah dengan
diimplementasikannya Kurikulum Merdeka terjadi transformasi manajemen
sekolah pada setengah dari sekolah yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Setelah
diimplementasikannya Kurikulum Merdeka transformasi yang cukup besar terjadi
pada manajemen pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangan
perencanaan sekolah sedangkan manajemen sarana dan prasarana mengalami hal
yang sebaliknya.
Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Manajemen Sekolah, Transformasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 May 2025 01:39 |
Last Modified: | 06 May 2025 01:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23372 |