EFFENDI, SYAHWAN (2025) MANAJEMEN KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SEKOLAH DI SMP IT PGRI LUBUKLINGGAU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/other.png)
Syahwan Effendi_Perpustakaan UNIVERSITAS (1) (1) - Syahwan Effendi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan manajemen keuangan dalam
meningkatkan kemandirian sekolah di SMP IT PGRI Lubuklinggau. Desain
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian
ini adalah kepala sekolah, bendahara dan wakil kepala sekolah kurikulum. Teknik
pengumpul data dilakukan dengan wawancara. Teknik analisis data dengan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah 1)
Penyusunan anggaran yang ada telah berjalan dengan baik walaupun masih belum
adanya partisipasi guru dalam penyusunan anggaran dan kurangnya evaluasi
terhadap pelaksanaan anggaran. 2) Pembukuan anggaran keuangan dilakukan
dengan sistematis dan terstruktur dalam pencatatan penerimaan dan pengeluaran
dana pendidikan. 3) Pemeriksaan anggaran keuangan berupa pengawasan dan
pemeriksaan. Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah sedangkan pemeriksaan
dilakukan dari dua arah yaitu dari pihak sekolah dan juga dari pihak Badan
Pemeriksaan Keuanagn dan dilakukan setiap satu semester sekali. 4) Kemandirian
pendanaan terlihat dari sekolah yang telah mengoptimalkan sumber-sumber
pendanaan dari entrepreneurship dan Partnership. Dana yang diperoleh dari
Entrepreneurship adalah sewa kantin dan koperasi sekolah. Sedangkan dari
Partnership adalah sumbangan sukarela alumni dan dana hibah Universitas PGRI
Lubuklinggau.
Kata Kunci : Kemandirian Sekolah, Penyusunan Anggaran, Pembukuan,
Pemeriksaan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 May 2025 01:40 |
Last Modified: | 06 May 2025 01:40 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23379 |