Prasthiyo, Anthon and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS MENGGUNAKAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS ANTHON PRASTHIYO A.D.W - Anthon Prasthiyo A.D.W.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran sains
menggunakan LKPD berbasis masalah terhadap dimensi kemampuan berpikir
focus, reason dan inference serta menganalisis hubungan kemampuan berpikir
focus, reason, dan inference dalam pembelajaran sains menggunakan Lembar
Kerja Peserta Didik berbasis masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian quasy eksperimen mengunakan desain pretest-posttest control group
design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pertanyaan dan lembar
validasi ahli. Berdasarkan nilai Asymp sig. 2 sisi adalah 0.000 < 0.05. Dapat
disimpulkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis masalah
dalam pembelajaran sains berpengaruh signifikan terhadap dimensi kemampuan
berpikir focus, reason dan inference. Selanjutnya ada hubungan yang signifikan
pada dimensi kemampuan berpikir focus dengan reason dengan menggunakan
Lembar Kerja Peserta Didik berbasis masalah dalam pembelajaran sains, untuk
kemampuan berpikir inference tidak ada hubungan yang signifikat terhadap
kemampuan berpikir focus dan reason.
Kata kunci : LKPD, PBL, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 May 2025 03:15 |
Last Modified: | 06 May 2025 03:15 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23381 |