LISTIANI, OETARY and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS OETARY LISTIANI PENDAS - Oetari Listiani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran
IPA menggunakan model discovery learning berbantuan media audio visual
terhadap pengetahuan faktual dan konseptual. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian quasy eksperimen mengunakan desain pretest-posttest control
group design. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yaitu
menggunakan instrumen soal, dan lembar validasi ahli. Berdasarkan hasil uji
hipotesis diperoleh bahwa penerapan pembelajaran IPA menggunakan model
Discovery Learning berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan
terhadap pengetahuan faktual dan konseptual. Uji N-Gain pada pengetahuan
faktual kelas eksperimen sebesar 93% dengan kategori efektif, sedangkan pada
kelas kontrol sebesar 34% dengan kategori tidak efektif. Pada pengetahuan
konseptual uji N-Gain pada kelas eskperimen sebesar 86% dengan kategori
efektif dan 26% pada kelas kontrol dengan kategori tidak efektif. Uji korelasi
menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan faktual
dan konseptual. Penerapan pembelajaran IPA menggunakan model Discovery
Learning berbantuan media audio visual pembelajaran berpengaruh signifikan
terhadap pengetahuan konseptual. Hal ini ditunjukan ditunjukkan dengan rata-
rata posttest pengetahuan konseptual pada kelas kontrol sebesar 54. Sementara
untuk hasil rata-rata kelas eksperimen adalah sebesar 91. Selanjutnya tidak ada
hubungan dimensi pengetahuan faktual dan pengetahuan konseptual dalam
pembelajaran IPA menggunakan model discovery learning berbantuan media
audio visual.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Discovery Learning, Pengetahuan Faktual
dan Konseptual
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 May 2025 03:16 |
Last Modified: | 06 May 2025 03:16 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23389 |