Kirana, Buyung and Rambat, Nur Sasongko and Manap, Somantri (2025) PENGELOLAAN KINERJA GURU MELALUI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD NEGERI 85 LUBUKLINGGAU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS_PERPUSTAKAAN_UNIV_BuyungKirana_A2K022041 - Buyung Kirana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi
pengelolaan kinerja guru melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam
meningkatkan kompetensi profesional guru di SD Negeri 85 Lubuklinggau.
Metodelogi penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan
subjek penelitian adalah guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah di SD Negeri
85 Lubuklinggau. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi
dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan teknik induktif, dimulai dengan
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah,
bahwa pengelolaan kinerja guru melalui PMM dalam meningkatkan kompetensi
profesional guru di SD Negeri 85 Lubuklinggau sudah berjalan sesuai dengan
tahapan-tahapan yang ada, dan berdampak dalam meningkatkan kompetensi
profesional guru di SD Negeri 85 Lubuklinggau, jika dilaksanakan secara
konsisten. Mulai dari perencanaan kinerja, pelaksanaan praktik kinerja, serta
penilaian kinerja dan perilaku kinerja. Penelitian ini memberikan kontribusi
terhadap pengembangan strategi pengelolaan kinerja guru melalui platform
digital, serta memperkuat bukti empiris bahwa teknologi dapat meningkatkan
kompetensi profesional guru.
Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Pengelolaan Kinerja Guru, Platform
Merdeka Mengajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 May 2025 03:16 |
Last Modified: | 06 May 2025 03:16 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23395 |