PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS LITERASI LEMBAGA PENDIDIKAN BIMBINGAN BELAJAR

Haryanti, Yeni and Noermanzah, Noermanzah and Agus, Trianto (2025) PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS LITERASI LEMBAGA PENDIDIKAN BIMBINGAN BELAJAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
Bebas Pustaka_Yeni Haryanti_A2A021024 - Yeni Haryanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (605kB)

Abstract

Kurikulum pada lembaga pendidikan bimbingan belajar disesuaikan dengan kurikulum
sekolah, yaitu sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka belajar yang di dalamnya
menekankan tentang literasi membaca dan literasi numerasi, sehingga antara sekolah dengan
lembaga pendidikan bimbingan belajar, terdapat kesesuaian diantara keduanya. Untuk itu
penelitian ini akan mengembangkan kurikulum berbasis literasi pada lembaga pendidikan
bimbingan belajar dengan harapan layak dan objektif digunakan oleh lembaga pendidikan
bimbingan belajar dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan
kebutuhan pengembangan kurikulum lembaga pendidikan bimbingan belajar berbasis literasi
(2) mendeskripsikan pengembangan desain kurikulum lembaga pendidikan bimbingan belajar
berbasis literasi (3) mendeskripsikan kelayakan desain pengembangan kurikulum lembaga
pendidikan bimbingan belajar, dan (4) mendeskripsikan keefektifan kurikulum siswa pada
lembaga pendidikan belajar berbasis literasi. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu (1)
analisis produk; (2) desain produk; (3) pengembangan produk; (4) implementasi produk; dan
(5) evaluasi produk. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan observasi. Hasil
penelitian yaitu (1) kebutuhan kurikulum bimbingan belajar yang dibutuhkan yaitu yang
menghasilkan siswa yang berliterasi bai, (2) desain kurikulum berbasis literasi yaitu Bab I
pendahuluan yang meliputi latar belakang, tujuan kurikulum, komponen kurikulum, capaian
pembelajaran kurikulum; Bab II lembaga bimbingan belajar meliputi tujuan lembaga
bimbingan belajar, sejarah lembaga visi lembaga, misi lembaga, tujuan lembaga, struktur
organisasi, alokasi waktu, minggu efektif, keunggulan lembaga dan biaya program; Bab III
struktur dan muatan kurikulum meliputi struktur kurikulum, program pelajaran, muatan
rencana pembelajaran dan muatan program pembelajaran. Bab IV Penutup dan Daftar
Pustaka. (3) pengembangan kurikulum berbasis literasi menunjukkan layak dari hasil
validator kurikulum dan validator bahasa, (4) Hasil keefektifan kurikulum berdasarkan hasil
uji coba kelompok kecil berupa soal literasi membaca dengan nilai rata-rata 9, sedangkan
angket dari respon siswa rata-rata berminat mengikuti bimbingan belajar.
Kata Kunci : Kurikulum, Berbasis Literasi, Lembaga Pendidikan Bimbingan Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 May 2025 03:16
Last Modified: 06 May 2025 03:16
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23396

Actions (login required)

View Item
View Item