Faizah, Dini and Arono, Arono and Gumono, Gumono (2025) PENGEMBANGAN LKPD MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI KELAS XI MULTIMEDIASMK IT DARUL FIKRI BENGKULU UTARA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS DINI FAIZAH A2A021005_compressed_compressed_compressed - library unib.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini membahas pengembangan LKPD menulis teks prosedur berbasis project
based learning. Penelitian dilaksanakan di SMK IT Darul Fikri dikarenakan bahan ajar
yang masih minim, selain itu juga kurangnya kesadaran peserta didik untuk menulis, dan
pemberian contoh teks prosedur yang tidak bervariasi. Penelitian ini memiliki tujuan (1)
mendeskripsikan analisis kebutuhan guru dan peserta didik dalam pengembangan LKPD,
(2) mendeskripsikan desain pengembangan LKPD, (3) mendeskripsikan kelayakan
pengembangan LKPD, (4) mendeskripsikan implementasi pengembangan LKPD, dan (5)
mendeskripsikan evaluasi hasil pengembangan LKPD menulis teks prosedur berbasis
project based learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research &
Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Deveopment,
Implementation, dan Evaluation). Pengembangan LKPD ini didesain sesuai kebutuhan
guru dan peserta didik dengan adanya penggunaan model pembelajaran Project Based
Learning dan pengunaan aplikasi. Hasil penelitian ini dari hasil analisis kebutuhan guru
dan peserta didik membutuhkan bahan ajar yang bervariatif, tidak hanya dari buku cetak
tetapi juga menggunakan aplikasi pembelajaran, selain itu juga membutuhkan model
pembelajaran yang bervariatif seperti Project Based Learning (PjBL). Desain
pengembangan LKPD berupa bagian awal, kemudia bagian isi, dan bagian penutup.
Selanjutnya, pengembangan LKPD telah divalidasi oleh tiga ahli dengan jumlah
persentase sebanyak 0,77% dengan kategori “tinggi” atau layak diuji coba dalam proses
pembelajaran setelah melalui revisi sesuai saran dan masukan dari ketiga ahli.
Pengembangan LKPD ini diimplementasiakan kepada peserta didik dengan hasil respon
88,24% dengan kategori “Paham” adanya LKPD menulis teks prosedur berbasis project
based learning. Sehingga dari keseluruhan LKPD ini layak digunakan pada saat proses
pembelajaran di kelas.
Kata kunci: LKPD, Menulis, Project Based Learning (PjBL)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 May 2025 03:16 |
Last Modified: | 06 May 2025 03:16 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23398 |