PENGARUH PENGGUNAAN MODEL GENERATIVE LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP 14 BENGKULU TENGAH

FASHALI., AGJU JIHAN INDRI and Agus, Susanta and Saleh, Haji (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL GENERATIVE LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP 14 BENGKULU TENGAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
A2C022001_PENGARUH PENGGUNAAN MODEL GENERATIVE LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP 14 BENGKULU TENGAH_AGJU JIHAN CETAK (2) - agjjhn.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan memahami konsep dan penalaran peserta didik dalam menyelesaikan
soal-soal matematika rendah sehingga banyak ditemukan peserta didik yang belum
bisa mandiri mengerjakan soal-soal latihan. Penelitian ini bertujuan untuk
memberikan 1) Pengaruh penggunaan Model Generative Learning terhadap
kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII SMPN 14 Bengkulu Tengah
2) Pengaruh penggunaan Model Generative Learning terhadap kemampuan penalaran
matematika peserta didik kelas VIII SMPN 14 Bengkulu Tengah 3) Pengaruh
penggunaan Model Generative Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep
dan penalaran matematika peserta didik kelas VIII SMPN 14 Bengkulu Tengah.
Teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan teknik yang
diambil yaitu sampling jenuh (sensus). Teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan teknik MANOVA. Hasil penelitian yang didapatkan adalah 1) Terdapat
pengaruh penggunaan Model Generative Learning terhadap kemampuan pemahaman
konsep peserta didik kelas VIII SMPN 14 Bengkulu Tengah dengan nilai signifikan <
0.05, 2) Terdapat pengaruh penggunaan Model Generative Learning terhadap
kemampuan penalaran matematika peserta didik kelas VIII SMPN 14 Bengkulu
Tengah dengan nilai signifikan < 0,05, 3) Terdapat pengaruh penggunaan Model
Generative Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran
matematika peserta didik kelas VIII SMPN 14 Bengkulu Tengah dengan nilai
signifikan < 0,05.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Penalaran Matematika, Generative Learning,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 May 2025 02:31
Last Modified: 07 May 2025 02:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23402

Actions (login required)

View Item
View Item