PENGARUH PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMAIT IQRA’ KOTA BENGKULU

Sakinah, Nina and Saleh, Haji and Agus, Susanta (2025) PENGARUH PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMAIT IQRA’ KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
DRAFT TESIS NINA SAKINAH A2C022005. - Nina Sakinah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Process Oriented Guided
Inquiry Learning (POGIL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan
penalaran matematis siswa kelas X SMAIT IQRA’ Kota Bengkulu. Jenis penelitian
ini penelitian Quasi Experimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Analisis
data menggunakan uji Anakova. Sampel penelitian adalah siswa kelas X Putra 2
dan X Putra 4. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model
pembelajaran POGIL terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X
SMAIT IQRA’ Kota Bengkulu dengan pengaruh sebesar 73,5 %. (2) Ada pengaruh
model pembelajaran POGIL terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas
X SMAIT IQRA’ Kota Bengkulu dengan pengaruh sebesar 68,5 %. (3) Pencapaian
kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran POGIL lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan
pembelajaran konvensional. (4) Pencapaian penalaran matematis siswa yang
diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran POGIL lebih baik
dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Kemampuan
Pemecahan Masalah, dan Kemampuan Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 May 2025 02:31
Last Modified: 07 May 2025 02:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23403

Actions (login required)

View Item
View Item