PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V

Ayunani, Angela Permata and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
Dokumen dari Angela Permata Ayunani - Angela Permata Ayunani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran IPA
menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media video animasi terhadap
keterampilan proses dan hasil belajar kognitif. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian quasy eksperimen mengunakan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control
Group Design. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yaitu menggunakan
instrumen soal, dan lembar validasi ahli. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa
penerapan pembelajaran IPA menggunakan model Problem Based Learning berbantuan
media video animasi berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses. Hal itu
ditunjukkan dengan rata-rata posttest keterampilan proses pada kelas kontrol sebesar 32,9.
Sementara untuk rata-rata hasil posttest kelas eksperimen adalah sebesar 85,75. Penerapan
pembelajaran IPA menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media video
animasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif. Hal itu ditunjukkan dengan
rata-rata posttest hasil belajar kognitif pada kelas kontrol sebesar 33. Sementara untuk rata-
rata hasil posttest kelas eksperimen adalah sebesar 86. Tidak ada korelasi antara aspek
keterampilan proses dan hasil belajar kognitif.
Kata Kunci : Media Video Animasi, Problem Based Learning, Keterampilan Proses

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 May 2025 03:24
Last Modified: 07 May 2025 03:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23406

Actions (login required)

View Item
View Item