PENGEMBANGAN LKPD MATERI PECAHAN DESIMAL BERBASIS PENDEKATAN TEACHING At THE RIGHT LEVEL (TARL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Kasella, Dinda Nur and Agus, Susanta and Bambang, Parmadi (2025) PENGEMBANGAN LKPD MATERI PECAHAN DESIMAL BERBASIS PENDEKATAN TEACHING At THE RIGHT LEVEL (TARL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TESIS CETAK DINDA NUR KASELLA - Dinda Nur Kasella.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan LKPD berbasis TaRL Untuk
untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi pecahan desimal
kelas IV di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV
SD Negeri 10 Bengkulu Selatan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan, angket respon dan tes.
Instrumen penelitian menggunakan instrumen analisis kebutuhan, instrumen
validasi ahli, instrumen uji coba produk, insrumen uji efektifitas produk. Analisis
data pada penelitian ini dilakukan dengan cara analisis data kevalidan ahli,
kesepakatan rater/peneliti, pembakuan instrumen, deskripsi profil hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD
berbasis Teaching at The Right Level (TaRL) untuk meningkatkan hasil belajar
kognitif siswa yang dikembangkan menurut validator ahli materi, validator bahasa
dan validator media ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses
pembelajaran. Dari hasil posttest peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Bengkulu
Selatan diketahui bahwa penggunaan LKPD berbasis TaRL memberikan dampak
positif kepada peserta didik terhadap peningkatan pada hasil belajar kognitif siswa
Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Teaching At The Right Level, dan Hasil
Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 May 2025 03:24
Last Modified: 07 May 2025 03:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23409

Actions (login required)

View Item
View Item