Astuti, Rosa Widi and Agus, Susanta and Bambang, Parmadi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA INTERAKTIF (UTANGI) BERBANTUAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS III SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/audio.png)
Tesis cetak_S2 Pendas_Rosa Widi Astuti_A2G022034-compressed-4-dikompresi - rosa widiastuti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media permainan ular tangga
interaktif berbantuan adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
materi pecahan kelas III di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah peserta
didik kelas III SD Negeri 07 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Sumatera
Selatan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket kebutuhan, angket respon dan tes. Instrumen penelitian
menggunakan instrumen analisis kebutuhan, instrumen validasi ahli, instrumen uji
coba soal, instrumen uji efektifitas produk. Analisis data pada penelitian ini
dilakukan dengan cara analisis data kevalidan ahli, kesepakatan rater, pembakuan
instrumen, deskripsi hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa pengembangan media permainan ular tangga interaktif berbantuan adobe
flash meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan yang dikembangkan
menurut validator ahli materi memperoleh nilai kelayakan 0,95, validator bahasa
memperoleh nilai kelayakan 0,93 dan validator media memperoleh nilai kelayakan
0,84. Media ini dinyatakan sangat valid atau layak untuk digunakan dalam proses
pembelajaran. Dari hasil posttest peserta didik kelas III SD Negeri 07 Tebing Tinggi
diketahui memperoleh nilai diatas kriteria ketuntasan minimum melalui adanya
penggunaan media permainan ular tangga interaktif berbantuan adobe flash dengan
nilai sig 0,200 > 0,05 sehingga memberikan dampak positif kepada peserta didik
terhadap peningkatan pada hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pengembangan, Media, Ular Tangga, Adobe Flash dan Hasil
Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:24 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:24 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23410 |